Loading...

Jumat, 02 Desember 2011

ASCII


PENGERTIAN ASCII

Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter “|”. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Dimulai dari 00000000 hingga 11111111. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.

ASCII (American Standard Code For Information Interchange) merupakan kode standar yang digunakan dalam pertukaran informasi pada Komputer.
Setiap simbol yang ada di keyboard memiliki kode ASCII. Sebagai contoh Huruf A memiliki kode ASCII 65; huruf a memiliki kode ASCII 97.

Kode ASCII 65 dalam implementasinya diterjemahkan ke kode Biner.
65 = 01000001
97 = 01100001

Jumlah kode ASCII adalah 255 kode. Kode ASCII 0..127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks; sedangkan kode ASCII 128..255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik.
Kode ASCII sendiri dapat dikelompokkan lagi kedalam beberapa bagiann:
  • Kode yang tidak terlihat simbolnya seperti Kode 10(Line Feed), 13(Carriage Return), 8(Tab), 32(Space).
  •  Kode yang terlihat simbolnya seperti abjad (A..Z), numerik (0..9), karakter khusus (~!@#$%^&*()_+?:”{}).
  •   Kode yang tidak ada di keyboard namun dapat ditampilkan. Kode ini umumnya untuk kode-kode grafik.

Dalam pengkodean kode ASCII memanfaatkan 8 bit. Pada saat ini kode ASCII telah tergantikan oleh kode UNICODE (Universal Code). UNICODE dalam pengkodeannya memanfaatkan 16 bit sehingga memungkinkan untuk menyimpan kode-kode lainnya seperti kode bahasa Jepang, Cina, Thailand dan sebagainya.

BILANGAN ASCII 
 

ASCII merupakan kependekan dari American Standard Code for Information Interchange. Komputer hanya mengerti angka-angka yang disebut bilangan biner. Sehingga untuk memudahkan manusia “memerintah” mesin digunakan beberapa standard-standar simbol yang disepakati bersama. Salah satu standard yang paling banyak digunakan adalah ASCII. ASCII merupakan representasi simbol-simbol yang kita ketahui seperti ‘@’ atau ‘a’ dsb ke dalam angka-angka yang dimengerti komputer. Karena standard, maka ASCII simbol-simbol dalam ASCII merupakan simbol yang well-known atau merupakan simbol yang disepakati bersama.

Karakter dalam kode ASCII berjumlah sekitar 256 dengan penomoran dimulai dari 0. Kenapa 0? Karena sistem bilangan kita menggunakan 0 sebagai digit terkecil untuk bilangan. Maksudnya? Jika kita punya sebuah angka yaitu 15 maka ada dua digit dalam bilangan itu yaitu 1 dan 5. 1 merupakan sebuah puluhan dan 5 merupakan sebuah satuan. Berapa angka yang paling kecil untuk setiap digit? Jawabnya adalah o, bukan 1. Coba bandingkan antara 0 dan 1 mana yang lebih kecil? pasti nol kan? Lalu bilangan terbesar dalam sistem  bilangan desimal yang kita pakai sehari-hari adalah 9. kenapa 9? Bukannya desimal itu 10 ya? Coba lihat, jika kita menambahkan 9 dengan 1 maka kita akan mendapatkan bilangan dengan 2 digit yaitu 1 dan 0. Jadi disimpulkan bahwa bilangan tertinggi untuk setiap digit adalah 9.

Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter “|”. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Dimulai dari 0000 0000 hingga 1111 1111. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.

TABEL KARAKTER ASCII

Tabel berikut berisi karakter-karakter ASCII . Dalam sistem operasi Windows dan MS-DOS, pengguna dapat menggunakan karakter ASCII dengan menekan tombol Alt+[nomor nilai ANSI (desimal)]. Sebagai contoh, tekan kombinasi tombol Alt+87 untuk karakter huruf latin “W” kapital.

Gambar tabel karakter ASCII


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar