Sabtu, 08 Oktober 2011

Pengenalan Sistem Komputer


PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer adalah sekumpulan elemen-elemen elektronik yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi) yang berfungsi untuk menjalankan komputer. Elemen-elemen tersebut adalah manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (intruction set), dan perangkat keras (hardware).

Dalam proses input, proses olah, dan simpan, serta output adanya standar dan protokol. Standar tersebut adalah :
·         Bahasa pemograman : JAVA, SQL, dll.
·         Format data (Image :GIF, JPEG, MPEG, dll.)
·         Printer : Bahasa Potscript
·         Sound ; MP3

Protokol adalah aturan-aturan dasar dalam komunikasi antar komputer, antara komputer dan peralatan I/O serta antar program. Conto saat ingin browsing web menggunakan Hypertext Transmission Protocol (HTTP).


KOMPNEN-KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer terdiri dari 4 komponen, yaitu :

1.       Perangkat Keras (Hardware), sesuatu yang nyata/dapat disentuh.
·         Input/Output Device (I/O Device), terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard, printer, dll.
·         Storage Device (perangkat penyimpanan), merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, hard disk, CD-I, flash disk, dll.
·         Monitor/Screen, merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah prosessor. Monitor disebut juga Visual Display Unit (VDU).
·         Casing Unit, biasa disebut dengan System Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).
·         Central Procesing Unit (CPU), adalah salah satu bagian yang paling penting, karena jenis prosessor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan oleh prosessornya.
2.       Perangkat Lunak (Software), kumpulan dari instruksi-instruksi yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer sehingga mendapatkan hasil yang berguna.
3.       User (Brainware), adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll.


ARSITEKTUR KOMPUTER

Stalling (1996) menyatakan bahwa arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak oleh seseorang programmer/atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi sebuah program. Untuk organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh atribut arsitektural adalah set intruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan barmacam-macam jenis data, mekanisme I/O, teknik-teknik pengalamatan memori, sedangkan atribut organisasional meliputi rincian hardware yang dapat diketahui oleh programmer seperti sinyal-sinyal control, interface komputer dan peripheral, serta teknologi memori yang digunakan.



JENIS KOMPUTER BERDASARKAN PROSESSOR

Berdasarkan prosesornya, komputer digolongkan ke dalam empat bagian, yaitu Supercomputer, Mainframe, Minicomputer, dan Personal Computer (PC). Berikut penjelasannya :

Supercomputer
Mesin ini dapat menganalisis dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Mesin ini lebih mengutamakan banyaknya jumlah prosessor dan memori. Mesin ini
Digunakan untuk perhitungan yang sangat kompleks dan pekerjaan yang intensif seperti peramalan cuaca,penelitian iklim, pemodelan molekul, simulasi fisik, dll.

Mainframe
Adalah komputer yang prosessornya mempunyai kemampuan sangat besar karena mainframe disediakan untuk banyak pengguna (multi user) dan setiap pengguna dapat menggunakan program/aplikasi yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer jenis ini mempunyai CPU yang berbeda pada satu mesin sendiri, mempunyai peranggkap penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berskala besar untuk mendukung operasionalnya. Beberapa aplikasi yang ditangani adalah pengolahan database berkapasitas besar, seperti transaksi finansial berkapasitas besar milik perbankan atau asuransi.

Minicomputer
Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Bedanya kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin hanya ratusan.

Personal Computer (PC)
Personal Computer adalah komputer yang ditunjukan untuk satu pengguna dengan satu program aplikasi pada suatu saat. Komputer ini terdiri dari monitor, keyboard, dan CPU. Namun di dalam CPU ini sebenarnya tidak hanya terdapat prosesor, ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (priferal). Komputer ini merupakan komputer yang paling banyak digunakan.


JENIS KOMPUTER BERDASARKAN BENTUK FISIK

Komputer berdasarkan bentuk fisik antara lain :

Tower
Tower (menara) biasanya diletakkan di samping atau di bawah karena ukurannya yang relatif besar. Komputer ini umumnya memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expansion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

Desktop
Desktop (meja kerja) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dairi tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja dan bentuknya memanjang kebawah. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang dipakai sekarang ini adalah jenis desktop.

Portable
Portable (mudah dibawa – bawa) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari dekstop karena bagian – bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa ke mana – mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering berada di lapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.

Notebook
Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai untuk pelajar, mahasiswa, dan orang – orang bisnis). Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 1,5 sampai 6 kg (tergantung perangkat yang terpasang pada notebook).

Subnotebook
Subnotebook adalah komputer yang berukuran di antara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

Palmtop
Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam. Ukurannya yang sangat kecil, kira – kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handheld computer . Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik tapi menggunakan baterai kecil biasa.


JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH

1.      Komputer Analog
Komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif. Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, kecepatan suara, tegangan listrik, dll.

2.      Komputer Digital
Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Contoh komputer PC.

3.      Komputer Hybrid
Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Contoh faksimili.


JENIS KOMPUTER BERDASARKAN TUJUAN

1.      Special Purpose Computer
Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

2.      General Purpose Computer
Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Contohnya adalah Personal Computer.

 
TUJUH JENIS KATEGORI SISTEM KOMPUTER

1.      Single User, Single Tasking
Sebuah single-user sistem operasi yang merupakan sistem tugas tunggal dikembangkan untuk digunakan dengan komputer atau perangkat elektronik yang hanya akan menjalankan satu aplikasi pada suatu waktu. Jenis OS biasanya digunakan pada perangkat seperti telepon nirkabel dan perangkat dua arah pesan. single tasking, single-user sistem operasi hanya dapat menjalankan satu program atau aplikasi pada satu waktu, dan jadi tidak berguna untuk komputer atau perangkat lain yang dimaksudkan untuk menjalankan beberapa program sekaligus. Contohnya Palm OS untuk komputer genggam Palm.

2.      Sistem Single User , Multitasking
Sistem single-user dan multitasking mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa proses pada waktu yang bersamaan. Contoh ketika melakukan pekerjaan seperti secara waktu yang bersamaan membuka aplikasi, mendengarkan musik, browsing dan mengetik. Single user dan multitasking contohnya sambil mengetik mendengarkan musik. Microsoft windows dan Apple MacOS adalah salah satu contoh sisitem operasi yang digunakan pengguna saat melakukan pekerjaan secara bersamaan pada waktu bersamaan.

3.      Sistem Multiuser
Sistem ini menyediakan penambahan fasilitas yang mengijinkan berbagai pengguna yang berbeda untuk berbagi sumber daya yang ada secara bersamaan. Sistem ini membutuhkan penambahan sistem operasi pendukung untuk terminal berbagai I/O, file login pengguna, prosedur password dan keamanan.

4.      Sistem Server Jaringan
Sistem yang memiliki pengontrol dalam suatu lingkungan sesuai dengan permintaan dari yang satu. Server bertindak sebagai pengontrol dan sisanya sebagai yang dikontrol. Server menyediakan file, layanan print, layanan basisdata, layanan eksekusi program untuk client.

5.      Sistem Waktu Nyata
Sistem dimana satu / lebih proses harus bisa mengakses CPU secara cepat ketika diperlukan dan membutuhkan aplikasi untuk mengukur dan mengendalikan perangkat I/O dan merespon didalam mengendalikan waktu spesifik. Contoh pengendalian roket, pengukuran temperature secara berkala pada reaktor nuklir.

6.      Sistem Kendali Embedded
Sistem waktu nyata yang didekasikan untuk aplikasi khusus), khusus dirancang untuk mengendalikan sebagian peralatan. Contoh  automobile / oven microwave.

7.      Sistem Terdistribusi
Sistem baerdasarkan kekuatan pengolahan data yang didistribusikan antara komputer dalam jaringan. Dan 2 jenis sistem terdistribusi, yaitu:
·         Sistem Client-Server server , server yang berada dipusat, yang mengontrol dan merespon data. Client berada disisi pusat, yang hanya bisa meminta dan menerima data dari server. Sistem ini dalam mendistribusikan data terpusat pada server. Dan sistem ini bisa dikontrol pada satu titik yaitu pada server.
·         Sistem peer to peer, sistem yang tidak mengontrol dalam mendistribusikan data dimana yang semua komputer yang terhubung dengan sistem ini sama-sama bertindak sebagai pengontrol. Untuk keamanan, sistem ini kurang baik karena semua yang berada didalam sistem ini bersama-sama sebagai pihak yang mempunyai kewenangan layaknya server.





2 komentar: