Jumat, 16 September 2011

perspektif teknologi informasi pada masyarakat

IT Perspektif For Everybody

Era globalisasi saat ini ditandai dengan arus informasi yang mengalir begitu pesat sejalan dengan teknologi informasi yang berkembang begitu cepat. Teknologi informasi seperti perkembangan perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software) dan teknologi informasi lainnya yang telah membuat tujuan suatu organisasi dapat dicapai secara maksimal. Namun setiap orang mempunyai sudut pandang dan mindset yang berbeda-beda tentang bagaimana caranya mendeskripsikan Teknologi Informasi itu sendiri, seperti Pelajar, Mahasiswa, Anak-anak, dll. Oleh karna itu, saya akan mendeskripsikan IT dimata Setiap orang melalui riset dan pengalaman penulis.


1. IT menurut Pelajar.



Pelajar disini tentunya merupakan tingkat SMP & SMA yang menurut mereka IT adalah Game PC, Warnet, Game Online, Handphone atau Gadged. Jadi menurut mereka IT adalah Segala sesuatu yang canggih dan membuat mereka Fun.

2. IT menurut Mahasiswa. 




IT menurut Mahasiswa yang pastinya lebih luas lagi, Mahasiswa yang berjurusan diluar IT maupun Mahasiswa yang berkecimpung di dunia IT. Mahasiswa yang berjurusan diluar Teknologi Informasi, IT adalah merupakan Kebutuhan seperti email, Komputer, Internet, Laptop, BB dsb. Jika IT menurut Mahasiswa yang berkecimpung di dunia IT adalah IT merupakan Matakuliah, Jaringan, Coding, TCP/IP, Ketemu Dosen, Dsb

3.IT menurut Anak-anak



IT menurut Anak-anak merupakan Segala sesuatu hal canggih dan baru bagi mereka seperti Facebook Handphone dsb. Dalam dunia anak-anak, situs ini bermanfaat dikarenakan anak-anak bisa lebih mengekspresikan kreatifitas otak mereka dan mereka bisa mengenal banyak teman dari berbagai daerah ataupun belahan dunia lainnya. Namun, sisi negatif dari perkembangan teknologi ini, anak-anak menjadi kurang bersosialisasi dalam dunia nyata, dan mereka menjadi malas beraktifitas dikarenakan kelengkapan fasilitas yang ada di dalamnya (dalam hal ini saya maksudkan aplikasi permainan yang ada di social network).

4. IT menurut Orangtua



Pada dunia orang-orang yang lanjut usia, manfaat yang diberikan adalah mereka menjadi lebih mudah dalam mencari informasi mengenai orang-orang yang sudah lama tidak bertemu. Orangtua yang dimaksudkan disini adalah Orangtua Lansia (Lanjut Usia). Menurut Mereka IT adalah Segala sesuatu yang canggih dijaman ini yang mereka sendiri bingung "Kok bisa yaa, Orang membuat Telepon tanpa menggunakan kabel?? Bentuknya kecil2 juga... gimana caranya yaa??" [Itulah sepenggal percakapan saya dengan nenek saya].

5. IT menurut Dosen



Dosen yang dimaksudkan disini adalah Dosen yang mengajar diluar bidang IT. Menurut mereka IT adalah OHP, Laptop, Flashdisk dsb. merupakan alat-alat yang dapat menunjang proses perkuliahan.

6. IT menurut Jurnalis dan Pekerja


Menurut Mereka IT adalah Segala sesuatu yang dapat menunjang pekerjaannya seperti, Internet, Kamera canggih, Software Editor gambar, Video dsb.

Pada dunia pekerja dan buruh, dunia pengajaran, situs jejaring sosial berguna bagi mereka untuk membuat suatu grup diskusi untuk sharing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar